Kisah bagaimana seseorang mengoptimalkan media sosial untuk mencapai kesuksesan kadang terkesan tidak memiliki pola. Namun, banyak juga kasus yang menunjukkan korelasi.

Strategi Viral Marketing untuk Musisi berdasarkan pengalaman Lil Nas X
Lil Nas X saat memenangi Best Pop Duo/Group Performance for “Old Town Road” and Best Music Video for “Old Town Road (Official Movie)” – Sumber: fox23.com

Kita sedang berbicara tentang musisi muda Lil Nas X (Montero Lamar Hill) yang mampu menduduki puncak tangga lagu. Dia sanggup menarik khalayak melalui penggunaan meme dan mesin pencari dengan cerdas.

Lil Nas X drop out dari kampusnya untuk belajar musik. Namun, jangankan aktif menulis lagu, dia malah betah di Twitter. Dia mendapat banyak kenalan, membuat meme populer, dan memperoleh 30 ribu pelanggan dengan cepat.

Rencana Awal Lil Nas X

Sebenarnya, rencana dia cukup sederhana. Meme hanya dipakai untuk menarik perhatian orang agar mau mempromosikan musiknya. Sayang sekali, meme buatannya memang mendapatkan 2.000 retweet. Namun, karya musiknya di SoundCloud hanya menerima 10 komentar.

Lalu Hill berhenti memposting tautan ke layanan musik dan mulai merekam lagu yang dapat dia promosikan melalui meme. Menurutnya, lagu itu harus pendek, mudah diingat, dan lucu.

Hasilnya, Hill merekam lagu Old Town Road:

Pada 3 Desember 2018, Hill memasukkan musik ke dalam video seorang koboi yang sedang menari. Video tersebut lantas dipublikasikan ke Twitter. Tweet itu menjadi viral:

Repetisi & Rintangan Kesuksesan

Setelah kesuksesan publikasi pertama, Hill terus mempromosikan lagu tersebut dengan cara yang sama, yakni memposting video pendek yang menampilkan musik Old Town Road dan lagu lengkapnya. Marketing Examples menulis bahwa itulah satu-satunya cara si musisi muda untuk dapat menjangkau audiens.

Hill kemudian mulai menjamah TikTok. Melalui videonya, dia menantang audiens untuk memposting meme dan parodi. Selama beberapa bulan, pengguna TikTok merekam video dengan setelan koboi yang didedikasikan untuk Old Town Road.

“Saya mempromosikan lagu itu sebagai meme selama beberapa bulan hingga menjadi populer di TikTok. Saya akrab dengan TikTok. Saya selalu berpikir bahwa video-video di TikTok sangat menarik. Ketika saya menjadi tren di sana, itu adalah momen yang luar biasa.”

– Lil Nas X

Dengan lagu tersebut, Hill menggebrak tangga lagu Billboard di kelas musik country. Dia memilih country karena menilainya sebagai genre yang paling tidak kompetitif, sehingga dia bisa mencapai popularitas relatif lebih mudah.

Billboard menghapus lagu tersebut seminggu kemudian karena mengklaimnya bukan termasuk kelas country. Peristiwa ini malah semakin menyebarluaskan lagu Hill dan mendongkrak popularitasnya.

Misalnya, penyanyi country Billy Ray Cyrus mendukung Hill dan merekam lagu tersebut dalam versi remix bersamanya pada April 2019. Dua minggu setelah perekaman, lagu tersebut memuncaki daftar Hot 100 sebagai lagu paling populer di Amerika Serikat.

Lil Nas X Terus Berjuang

Hill tidak berhenti disana. Dia mulai merekam remix dari Old Town Road dengan musisi terkenal lainnya untuk dapat bertahan di tangga lagu.

Dia tahu Billboad memiliki celah. Musik remix dikategorikan di tangga lagu pop. Oleh karena itu, Old Town Road bisa bertahan di posisi teratas karena setiap remix mendapat jutaan pemutaran.

Setelah 17 minggu, Hill memecahkan rekor Mariah Carey karena mampu bertahan di puncak Billboard dua minggu lebih lama. Akhirnya dia digeser oleh lagu Bad Guy dari Billie Eilish.

“Sangat mudah untuk melupakan betapa tidak biasanya cerita ini. Hill putus kuliah lima bulan sebelumnya, tidur di sofa saudara perempuannya, dan tidak punya uang,”

– Marketing Examples

Hill sendiri menyatakan bahwa pencapaian ini bukanlah keberuntungan atau kebetulan. Dia memanfaatkan mesin pencari dan audiens dengan akurat.

Misalnya, setelah tahu bahwa penonton video koboi akan mencari lagu lengkapnya, dia mengubah judul di YouTube dan SoundCloud dengan menyertakan frasa dari video tersebut.

Dia juga memposting lirik lagu di Reddit sehingga akan diindeks di Google dan ditampilkan di halaman pertama. Jadi, siapa pun yang mencari video viral akan langsung menemukan lagunya.

Reddit ataupun forum dapat dimanfaatkan agar lebih mudah diindex oleh google dan muncul di halaman pertama
Strategi Lil Nas X dalam mempopulerkan lagunya di platform digital yang ada

Pada November 2019, Hill menerima nominasi enam kategori Grammy, termasuk Best Rap Artist dan Breakthrough of the Year. Dia memenangkan Best Music Video dan Best Pop Duo Performance.

Tidak ada yang mengenal, mempromosikan, dan membutuhkan musiknya. Namun, dia berteman dengan banyak orang, membuat mereka tertawa dan mengumpulkan pendengarnya sendiri. Lalu dia mengemas lagu agar sesuai dengan kehidupan mereka. Sisanya adalah sejarah.

Setiap pencapaian yang Hill dapatkan sangat menarik untuk dipelajari. Saya tidak bisa berhenti memikirkannya.

Apakah Anda suka membaca artikel ini? Jangan ragu untuk membagikannya ke teman-teman Anda!