Nathan Apodaca, seorang warga Idaho, berhasil meningkatkan popularitas jus Ocean Spray dan grup musik Fleetwood Mac dengan video TikToknya. The Drum menulis bahwa brand minuman itu mengucapkan terima kasih kepada Apodaca dengan memberinya hadiah mobil.

Pada akhir September, Apodaca, yang dikenal sebagai 420doggface208 di TikTok, memposting video dirinya sedang mengendarai longboard sambil meminum jus cranberry Ocean Spray dan menikmati lagu “Dreams” oleh Fleetwood Mac.

Apodaca mengatakan bahwa dalam perjalanan ke tempat kerja, mobilnya mogok. Tanpa menunggu bantuan, dia mengambil sebotol jus, melanjutkan perjalanan dengan skateboard, dan merekam video TikTok. Per 12 Oktober, video tersebut telah ditonton lebih dari 45 juta kali.

Pengguna lain juga merekam video versi mereka di TikTok, termasuk drumer berusia 73 tahun dan pendiri Fleetwood Mac Mick Fleetwood. Berkat TikTok, lagu “Dreams” kembali ke tangga lagu dunia 43 tahun kemudian. Seminggu setelah video Apodaca keluar, lagu tersebut didengarkan 8,47 juta kali oleh pendengar di Amerika Serikat melalui layanan streaming.

@mickfleetwood

@420doggface208 had it right. Dreams and Cranberry just hits different. #Dreams #CranberryDreams #FleetwoodMac

♬ Dreams (2004 Remaster) – Fleetwood Mac

Seminggu kemudian, Ocean Spray menanggapi video tersebut. CEO Ocean Spray Tom Hayes juga memposting video versinya sendiri dan memberikan Apodaca mobil pickup baru yang berisi botol jus cranberry.

Sumber video: Instagram @oceansprayinc

“Kami melihat video tersebut sekitar seminggu yang lalu dan ingin turut ambil bagian. Kami mendengar kisah Apodaca dan ingin membantunya. Sehingga, kami membelikannya mobil baru”, Direktur Komunikasi Ocean Spray, Chris Ferzli, mengatakan kepada The Drum.

Sekarang Apodaka mengendarai mobil pickup baru, meminum jus Ocean Spray dan terus merekam video. The Drum menulis bahwa Apodaca telah membuat konten untuk Ocean Spray secara organik. Seorang juru bicara perusahaan mengisyaratkan bahwa ini belum selesai. “Tetap tunggu kabar dari kami,” kata Ferzli ketika ditanya apakah Apodaca akan menjadi brand ambassador perusahaan.

Sumber video: Instagram @oceansprayinc

Kasus Ocean Spray mencerminkan realitas pemasaran di dunia modern. Perusahaan dan agensi dapat menghabiskan banyak dana dan waktu untuk merencanakan iklan, tetapi hasil fantastis bisa dihasilkan oleh seorang konsumen dengan akun jejaring sosialnya.

Ocean Spray belum memberikan pernyataan tentang bagaimana video viral itu memengaruhi pendapatan perusahaan. Namun, The Drum menulis akan terjadi pertumbuhan penjualan karena banyak pengguna TikTok lain yang menulis bahwa mereka “berlari untuk membeli jus”.

AdAge mengingatkan bahwa tetap perlu ada keseimbangan. Jika sebuah merek terlalu terbawa oleh hit viral, hal itu bisa mereduksi segalanya menjadi bisnis. Sehingga, perusahaan berpotensi kehilangan unsur penting yang sudah melekat di image media sosial, yaitu spontanitas.

Apakah Anda suka membaca artikel ini? Jangan ragu untuk membagikannya ke teman-teman Anda!