Ingin promosi diri secara lantang di sosmed, tapi tidak tahu cara memulai?

Supaya promosi bisa berjalan lancar dan bebas hambatan, penting untuk tahu “aturan mainnya”. Tidak cukup untuk membuat grup di sosmed favorit dan menunggu arus pelanggan. Kalian harus bertindak pelan tapi pasti.

Siap untuk mengambil langkah pertama? Langsung saja!

Langkah 1. 3 bulan sebelum launching: Pikirkan strategi

Kita mulai dari titik yang jauh, tetapi nanti anda akan tahu mengapa butuh waktu panjang. Bayangkan kalau sosmed adalah sebuah teater, dan anda aktornya. Hampir sama seperti drama Shakespeare;) Jadi, anda punya peran penting. Skrip drama yang harus dimainkan bukan hal baru, tetapi bagaimana cara presentasi kisahnya sehingga audiens bukan saja terus berdatangan, tetapi antusias dan ingin mendapatkan perhatian anda? 

Kalau sudah begini situasinya, akankah anda ke panggung tanpa persiapan? Tentu tidak!

Apa hubungan analogi teater dan aktor dengan sosmed? Erat sekali! Skrip drama adalah strategi promosi anda. Strategi harus memuat pesan utama dan, dengan target tertentu, harus bisa tersampaikan. Teks dalam drama adalah rencana konten. Tugasnya adalah menunjukkan karakter ke penonton. Dan reaksi penonton dan kritik adalah indikator utama anda.

Setelah paham analoginya, mari buat strategi. Ini akan jadi rencana aksi anda. Buat secara berguna dan informatif, mulai dari menjawab pertanyaan berikut:

  1. Mengapa anda butuh promosi bisnis di sosmed? Untuk apa? Apa tujuannya?
  2. Apa platform yang akan digunakan?
  3. Bagaimana penerapan strategi anda?
  4. Pencapaian atau hasil apa yang menjadi target pencapaian?
  5. Bagaimana anda melangkah dengan arah tertentu?

Mari pikirkan tujuan promosi. Ini harus konsisten dengan tujuan utama perusahaan dan saling menyokong. Seringnya, pebisnis online ingin promosi supaya:

  • Dikenal sebanyak mungkin orang
  • Meningkatkan trafik ke situs
  • Menjalin hubungan dengan pembeli potensial, mendapatkan kepercayaan, dan menciptakan dasar kesetiaan.

Tujuan sudah ditentukan, sekarang mari cek target audiens. Anda mungkin sudah tentukan siapa mereka. Sekarang, anda perlu cari tahu dimana sosmed tempat “tinggal” orang- orang yang tertarik dengan penawaran anda. Untuk apa? Supaya anda tahu persis dimana anda harus muncul. Tentunya sia- sia jika anda hadir di platform tanpa target audiens.

Jangan batasi diri anda pada satu platform, tetapi jangan juga terlalu menggebu-gebu dan memulai promosi di semua sosmed yang ada. Anda harus membagi antara situs yang berbeda, dan masing-masingnya punya aturan dan “problem” terpisah. Hal-hal ini akan meredupkan antusiasme, dan usaha anda akan mendapatkan hasil minim. Coba gunakan 2 situs paling populer di antara pelanggan potensial. Lalu, jika perlu, barulah perluas “teritori” anda.

Kami memulai promosi komunitas pebisnis online Genius Marketing di 2 sosmed: Instagram dan Facebook. Lalu ada juga channel Youtube dan belakangan ini, Linkedin. Ini bentuk profil kita di sosmed:

Langkah 1. 3 bulan sebelum launching: Pikirkan strategi
Pikirkan strategi

Setelah memilih situs sosmed, tuliskan strategi promosi di kertas. Strategi anda harus fleksibel supaya mudah diatur dan disesuaikan dengan trend baru. Aturan sosmed selalu berubah cepat, dan siapapun yang ingin sukses di sosmed harus terus berinovasi.

Langkah 2. 2 bulan sebelum launching: Eksplorasi

Anda sudah tahu apa yang diinginkan dari promosi sosmed. Sekarang mari evaluasi situasi di platform pilihan dan jawab pertanyaan “bagaimana” setelah tahu dimana anda akan beraksi. Analisa seberapa bagusnya representasi niche anda di platform-platform yang ada, evaluasi kinerja kompetitor, analisa kekuatan dan kelemahan mereka. Tangkap sinyalnya, rasakan market, dan tawarkan apa yang diekspektasi klien tapi belum terpenuhi. Dan kemunculan anda akan jadi hawa segar yang ditunggu- tunggu oleh target audiens. 

Evaluasi perilaku orang-orang: post yang di view dan like, partisipasi aktif di diskusi, dan terlibat di diskusi. Eksplorasi konten dan pilih 10-15 jenis post dengan respons maksimum. Di Facebook, misalnya, orang lebih sering melihat foto di feed. Jadi, sosmed ini fokus di konten visual. Ini yang kita lakukan:

Eksplorasi
Eksplorasi

Dalam proses pengumpulan informasi, anda seringnya akan bisa punya ide konten untuk ditawarkan ke subscriber. Tulis atau lebih tepatnya, susun untuk digunakan saat dan setelah launching.

Perhatikan gambar apa yang menarik untuk target audiens. Penting untuk tampil sebanding “idola” mereka. Supaya tugas anda lebih mudah, ambil secarik kertas, buat 2 kolom. Kolom pertama adalah “Apa yang menarik audiens”, kedua “Cara menampilkan diri”. Dan di masing-masing kolom, tulis jawaban pertanyaan berikut:

  1. Deskripsikan sosok anda bagaimana audiens melihat anda?
  2. Apa pekerjaan anda?
  3. Apa cara bersenang- senang atau relaks anda?
  4. Apa hobi, minat dan kesukaan anda?
  5. Apa yang anda katakan pada mereka yang pertama kali mengenalmu?
  6. Cara penulisan post “Saya” atau “Kami”?
  7. Perilaku anda terhadap subscriber?
  8. Bagaimana respon anda terhadap komen, termasuk yang negatif?

Cantumkan pesan utama yang ingin anda sampaikan. Di kampanye iklan  ini adalah slogan, ide kunci yang akan masuk ke benak pelanggan potensial. Profil di sosmed dan seluruh tampilannya harus mencerminkan pesan ini. Anda bisa mengikuti contoh berikut dan pakai pesan utama anda untuk menarik target audiens. Caranya lewat sampul foto atau pasang di bagian yang paling menonjol di laman anda.

Jika promosi bisnis di sosmed dikerjakan oleh orang lain, dan bukan anda sendiri, anda harus menjawab pertanyaan tersebut sedetail mungkin. Mungkin terkesan repot, tetapi ini akan jadi “legenda peta” yang berguna sebagai “penuntun arah” untuk pelaksana. 

Langkah persiapan ini terlalu panjang? Bertahanlah sedikit! Persiapan kualitatif untuk sebuah aksi terkadang lebih penting daripada aksi itu sendiri. Ya, ini memang bukan launching roket antariksa, tetapi anda mungkin tidak akan punya lagi kesempatan kedua untuk menciptakan gambaran sempurna di sosmed. Kumpul dan catat semua aturan penting. Dan jika perlu, perkuat lagi dan ikuti secara ketat.

Tanyakan: apa lagi manfaatnya? Laman sosmed anda adalah gambaran virtual yang jadi “patokan” sosok asli di mata subscriber. Mereka akan melihat apa yang anda tampilkan. Dan anda harus tunjukkan bahwa anda adalah “pahlawan” yang berada setara dengan mereka. Jadi pastikan usaha anda tepat.

Tunjukkan bahwa anda adalah sosok yang tidak asing dengan masalah/ keinginan/ aspirasi yang dikhawatirkan oleh target audiens. Tidak ada yang perlu disembunyikan anda dulu juga sama seperti mereka, tetapi pada momen yang tepat anda mendapatkan resep ajaib dan berhasil mencapai sesuatu. 

Dan “Kumpulan aturan perilaku di sosmed” yang anda buat berikut tugas- tugas yang harus dilakukan dan hasil yang ingin dicapai, semuanya akan menuju arah yang tepat seiring dengan progres anda. “ Panduan” ini akan sangat berguna untuk staf baru yang tidak tahu apapun tentang anda. Siapa anda? Apa yang anda jual? Bagaimana anda menggunakan sosial media untuk meningkatkan kesadaran pelanggan atas produk anda? Setelah anda selesai dengan tugas ini, anda akan mendapatkan keuntungan secara jangka panjang.

Langkah ke 3. 1 bulan sebelum launching : Kembangkan rencana konten

Usaha anda luar biasa! Dengan perkembangan yang sudah ada, akan mudah untuk mempersiapkan rencana konten untuk membuat postingan bulan- bulan mendatang. Walaupun anda tidak mengikuti secara ketat, tetapi anda sudah punya panduannya. Dokumen ini akan menunjukkan apa yang sudah anda terbitkan dan apa yang akan anda post. Tidak perlu mengingat semua informasi di ingatan lagi kan? 

Mulai dengan memilih style. Apa yang audiens anda sukai : gaya bisnis yang serius atau yang ramah dan bersahabat? Ingat kalau sosmed adalah tempat dimana orang ingin istirahat. Jadi, walaupun topik anda adalah nuklir ilmiah, lebih baik untuk dibuat sesederhana mungkin. Jangan terkesan pintar dan membosankan, relaks dan bersenang- senanglah 😉

Untuk menarik minat audiens, buat daftar 10-15 topik yang mungkin disukai mereka. Misalnya:

  • Daftar perlengkapan;
  • Kutipan motivasi;
  • Video klip;
  • Artikel menarik;
  • Tips praktis;
  • Infografik;
  • Gambar indah;
  • Berita;
  • Pengumuman,
  • Dan masih banyak lagi.

Ingat kalau daftar panjang dengan tips bermanfaat atau informasi yang tidak muat dalam satu posting, akan sering “disimpan” dan dibagikan ke teman. Jadi jika anda ingin lebih banyak repost, manfaatkan konten demikian. Kami, misalnya, sering mempersiapkan post serupa untuk subscriber di komunitas kami.

Kembangkan rencana konten
Kembangkan rencana konten

Untuk postingan demikian : haruslah jelas dan tepat, buatlah secara hati-hati dan baca dengan seksama. Apapun yang anda buat harus bisa membina hubungan dengan audiens. Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam aspek emosional;)

Untuk menentukan frekuensi publikasi, cari tahu kapan audiens anda paling aktif. Pilih 3 puncaknya aktivitas maksimum. Dan buat post terpisah untuk masing-masing waktu ini. Lebih lanjutnya, setiap post punya tugas tersendiri :

  • Memberi motivasi dan disukai
  • Memberi manfaat di masa mendatang dan mendorong repost
  • Memberi informasi praktis yang siap pakai.

Penting supaya rencana post bersifat fleksibel. Kadang, anda mungkin butuh memberitahu audiens sesuatu secara mendadak dan pada saat itu juga. Jangan hilangkan post tersebut hanya karena tidak masuk di jadwal rencana konten. Setelah merencanakan konten plan, stok konten Dalam rencana konten yang sudah dipikirkan baik- baik, terkadang anda mungkin kehilangan ide untuk posting. Jadi konten yang ditunda karena ada posting mendadak bisa jadi stok posting  yang bisa dimanfaatkan saat anda harus cuti atau mengalihkan tugas ke orang lain. Stok konten akan sangat membantu saat anda terlalu sibuk, dan subscriber butuh sesuatu yang baru dan fresh saat itu juga.

Paling praktis jika anda bisa membuat rencana konten dalam bentuk tabel sederhana. Ini akan memberikan anda gambaran jelas, struktur nya jelas dan lengkap. Setiap elemen rencana ini menyimpan detail penting untuk target besar anda. Tidak ada post yang acak atau sembarangan. Anda bergerak teratur menuju target, dan setiap langkah anda semakin dekat. Oleh karena itu, distribusikan usaha anda secara tepat dan masukkan semua di rencana konten.

Langkah 4. Sehari sebelum launching. Cek terakhir kali.

Tinggal sedikit lagi! Semua sudah tersedia dan tinggal menunggu peluncuran. Sementara masih ada waktu, lebih baik gunakan untuk double check semuanya lagi. Buat ceklist yang detail, dimana anda bisa mencoret semua yang sudah disiapkan. Ini terutama penting jika ada beberapa orang yang terlibat dalam promosi. Dengan adanya format kontrol ini, setiap orang akan mampu melengkapi tugas tepat waktu dan melaporkannya.

Cek terakhir kali
Cek terakhir kali

Detail yang butuh diperiksa:

  1. Apakah ada perubahan aturan di sosmed yang digunakan?
  2. Apakah semua post siap diterbitkan: teks sudah dibaca, foto cocok, video sudah diupload?
  3. Apakah ada logo di foto, hashtag yang sudah dipikirkan, apakah posisi baris kalimat sudah baik? 
  4. Apakah orang yang akan terlibat dalam promosi tahu apa dan kapan waktu posting?
  5. Apakah semua link benar dan aktif?
  6. Team launching promosi sudah siap : apakah target dan KPI sudah ditentukan?
  7. Apakah semua orang jelas tentang bagaimana dan seberapa sering data ini akan diukur?
  8. Apakah tim sudah jelas tentang poin-poin penting, paham dan setuju?

Langkah 5. Hari Launching: Permulaan

Jika rencana anda sudah ada dan diikuti, anggaplah anda sudah melewati semua latihan dan bahkan gladi resik ingat analogi teater sebelumnya). Hari peluncuran akan jadi premier akbar untuk anda, dan kami yakin setelah semua persiapan tersebut, akan banyak audiens yang menanti anda. Hari ini anda hanya perlu melakukan apa yang sudah di rencanakan dan lakukan observasi.

Hari Launching
Hari Launching

Lihat bagaimana post anda muncul di fee, dan apa reaksi pertama pengunjung. Nikmati like dan pengunjung pertama. Anda sudah memperkenalkan diri! Selamat! Setelah semua pekerjaan sebelumnya, sekarang lokomotif sudah di jalur yang tepat, dan anda siap beraksi. Stasiun berikutnya adalah kesuksesan 🙂

Di hari ini lah anda harus mulai engagement. Subscriber tidak akan datang dengan sendirinya. Anda adalah pendatang baru di jaringan sosmed- tunjukkan anda layak dapat perhatian mereka. Jika subscriber punya pertanyaan, segera berikan jawaban secepat mungkin. Ini adalah kesempatan menunjukkan diri anda, ambil langkah pertama untuk memulai hubungan. 

Analisa seberapa suksesnya hari pertama anda. Setiap sosmed menawarkan perangkat analisa tersendiri. Ambil screenshot metrik dasar. Sekarang anda punya poin referensi. Pilih saat yang nyaman untuk mengumpulkan laporan analisis. Anda harus mengobservasi dinamika untuk menentukan tingkat efektivitas kerja dan apakah langkah anda sudah sesuai tujuan. Informasi ini mungkin berbentuk seperti berikut:

Langkah 6. Setelah Launching : Ikuti rencana

Bagian terakhir sudah selesai! Sekarang anda perlu untuk tetap aktif dan antusias. Komunikasi dengan subscriber, post, tunjukkan pertumbuhan anda.

Ikuti rencana
Ikuti rencana

Tugas anda masih banyak, tetap sudah masuk ke fase baru promosi.  Sekarang anda harus mulai engagement dan membangun loyalitas. Anda mungkin harus membuat penyesuaian di rencana anda. Anda sudah punya subscriber awal, dan penting sekali anda memahami siapa mereka. Awalnya akan sangat mudah. Pelajari:

  1. Siapa orang-orang ini?
  2. Apakah mereka terlihat seperti pelanggan anda?
  3. Apakah ada perbedaan antara orang- orang ini?
  4. Bagaimana ini berpengaruh ke strategi promosi?

Ikuti perubahan “aturan main”, karena di sosmed, “kepingan” baru selalu muncul. Semakin cepat anda paham penerapan inovasi untuk pembaharuan promosi, semakin cepat anda akan mengalahkan kompetitor. Rencanakan implementasi taktik baru, coba dan ingat untuk mengukur dan analisa hasilnya. Jadi anda bisa secara konstan memperbaiki strategi dan adaptasi dengan tren baru.

Kesimpulan

Awalnya, mungkin kesannya kami terlalu fokus pada semua jenis persiapan, sedangkan persiapan launching hanya 1 ! hari saja. Bagaimanapun juga, semuanya pasti berjalan sesuai skema yang direncanakan.

Tetapi, supaya “ skema ini berhasil”, anda harus kerja keras. Kembali ke analogi teater : bisa anda bayangkan berapa banyak waktu dan usaha para aktor dalam berlatih peran? Berbulan- bulan! Dan semuanya demi hiburan penonton belaka!

Jika semua dilakukan dengan benar, sesuai detail maksimal dan pendekatan launching promosi sosmed secara konsisten, hasilnya tidak butuh waktu lama. Sudah teruji oleh GM :).

Apakah artikel ini berguna? Klik “Like”! Ini artinya anda ingin tahu lebih banyak tentang langkah efektif di sosmed.