Apakah Anda berencana untuk menggunakan Pinterest sebagai media promosi usaha? Mungkin tulisan kami ini akan berguna.

Pinterest bukanlah sebuah jejaring sosial dalam pengertian umum. Di sini orang-orang dari industri kreatif mempublikasikan karya, rekomendasi, tips, dan instruksi mereka dalam bentuk gambar, video, dan infografis. Postingan terpisah disebut “pin” yang dapat disimpan di “board” berdasarkan topik.

Halaman awal Pinterest berisi "Pin" sesuai minat pengguna
Halaman awal Pinterest berisi “Pin” sesuai minat pengguna

Video merupakan fitur yang relatif baru di Pinterest, sehingga saat ini dia jauh lebih populer daripada foto. Prinsip menggunakan Pinterest adalah seperti ini: sebagai seorang creator, Anda berbagi ide, portofolio pekerjaan, dan saran. Para creator lain akan menemukan akun Anda jika mereka mencari inspirasi di situs berdasarkan topik atau kata kunci serupa. 

Pinterest cocok untuk siapa?

Pinterest cocok untuk mereka yang bergerak di bidang kreatif dan desain, seperti desainer, dekorator interior, seniman, desainer grafis, seniman tato, penata rias, dan perancang busana.

Satu-satunya nilai tambah besar dari Pinterest adalah setiap pin memiliki tautan ke sebuah situs dan bisa dijangkau dengan satu kali klik. Melalui cara inilah orang mempromosikan website, katalog, serta toko (online dan offline) mereka. Setiap link pada fitur Pin adalah jalan untuk menuju halaman eksternal. Inilah manfaat yang tidak terlihat dari berpromosi di Pinterest!

Contoh artikel "Pin" di pinterest
Contoh artikel “Pin” di pinterest

Pada September 2019, saya mendapatkan proyek hmhirondesign.com (produk interior desain dari logam). Situs itu sudah tua, hampir tanpa konten dan transisi. Berikut ini adalah statistik untuk periode paling awal yang dapat saya temukan:

Data statistik trafik untuk proyek hmhirondesign.com
Data statistik trafik untuk proyek hmhirondesign.com

Tugas saya adalah membuat situs baru, menambahkan studi kasus, dan membuatnya dapat ditemukan orang-orang dari Google untuk melakukan pemesanan. Kami membuat website dan meluncurkannya dalam dua bulan. 

Sejalan dengan pengembangan situs, kami memilah jejaring sosial mana yang paling cocok untuk promosi. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat menjangkau pekerja kreatif sebanyak mungkin, seperti desainer, arsitek, developer, pebisnis, serta pemilik studio desain, rumah dan apartemen. Setelah pencarian panjang, kami memilih tiga media sosial, yakni LinkedIn, Instagram dan Pinterest. 

Singkat cerita, kami membuat akun Pinterest dan segera mentransfernya ke bisnis. Setelah lolos verifikasi, kami mengonfirmasi hak atas situs web dan Instagram (ini adalah poin yang sangat penting!).

Selanjutnya, kami mengumpulkan semantik untuk semua kata kunci dan topik. Misalnya pagar: pagar besi, pagar klasik, pagar geser, dan sebagainya.

Contoh pin dengan topik pagar besi
Contoh pin dengan topik pagar besi

Selanjutnya, kami membuat “board” secara terpisah untuk setiap grup semantik besar, misalnya pagar, tangga, furniture. Kami akan menambahkan pin dengan kueri yang lebih sempit di sana.

Contoh board yang kami buat

Mari beralih ke bagian terpenting. Nama-nama “board” harus seirama dengan kategori situs. Kemudian kami mempublikasikan foto pekerjaan di halaman situs. Kami juga mengoptimalkan kata kunci dalam judul, teks SEO, gambar alt dan segala sesuatu seperti SEO internet pada umumnya.

Dan sekarang bagian yang menyenangkan. Instal ekstensi Pinterest di browser Anda untuk menyimpan foto dalam satu klik.

Install ekstensi Pinterest untuk memudahkan penyimpanan foto
Install ekstensi Pinterest untuk memudahkan penyimpanan foto

Begitulah cara kami berkembang hingga mampu mendapatkan 1 juta views per bulan. Hari ini orang-orang menelepon dari seluruh negara bagian dan memesan produk kami.

Mengapa jumlah views menjadi penting bagi kami? Pertama, hal ini memberikan transisi ke situs yang dulunya seperti ini:

Jumlah views pada awal pengembangan website
Jumlah views pada awal pengembangan website

Sekarang menjadi seperti ini:

Jumlah views setelah memanfaatkan Pinterest untuk promosi
Jumlah views setelah memanfaatkan Pinterest untuk promosi

Selain itu, setiap pin mengandung tautan eksternal ke halaman proyek. Tautan tersebut relevan dan akan naik ke halaman organik. Ini adalah pekerjaan SEO jangka panjang yang baik.

Ini adalah hasil kerja selama 7 bulan, satu pegawai kantor, serta tidak lebih dari 2-3 jam kerja dalam seminggu.

Namun, tentu saja, untuk sukses Anda perlu memenuhi beberapa syarat:

  • Keteraturan. Di awal peluncuran, Anda perlu melakukan publikasi setiap minggu. Di tahap awal bisa 20-50 pin, lalu bisa stabil di angka 5-10 pin.
  • Selalu perhatikan tren dan peraturan baru di Pinterest. Situs ini punya media baru Stories on Pinterest (kami membuatnya dan mendapatkan 8-15 ribu views).
  • KONTEN Anda harus indah, berkualitas tinggi, asli, dan sesuai dengan aturan jejaring sosial. Di Pinterest, ini berupa foto yang cerah dan kreatif dengan resolusi vertikal 1920 x 1080.

Apakah Anda suka membaca artikel ini? Jangan ragu untuk membagikannya ke teman-teman Anda!