Saya telah bekerja sebagai seorang copywriter selama 10 tahun dan sudah mencapai tingkat pendapatan yang nyaman menurut standar saya. Saya akan berbagi pengalaman kepada pembaca yang juga ingin mendapatkan uang sebagai penulis.

Saya tahu bahwa banyak orang yang berpenghasilan lebih dari ini. Saya bukan penulis keren, namun hanya melakukan pekerjaan yang saya senangi. Terus terang, saya kehilangan 6 tahun pertama, jadi pengalaman normal saya di bidang ini sebenarnya hanya 4 tahun. Di satu titik, saya melihat banyak yang bertanya bagaimana cara mendapatkan banyak uang dari menulis. Panduan ini bisa berguna untuk mereka.

Berikut ini adalah 8 langkah untuk memperoleh hidup layak dari menulis:

1. Jangan melakukan rewriting (menulis ulang)

Sulit untuk mendapatkan banyak uang dengan menulis ulang artikel dari internet. Klien yang mau membayar mahal ingin melihat artikel yang benar-benar unik, lengkap dengan struktur dan pemikiran yang segar. Untuk menulis artikel seperti itu, Anda perlu:

Miliki keahlian yang mendalam di beberapa bidang. Saya hanya paham menulis artikel mengenai copywriting dan konten, sementara itu kompetensi saya di bidang lain tergolong kurang.

Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki kompetensi di bidang praktis, misalnya di dunia kedokteran. Jika Anda lulusan sekolah kedokteran, tetapi tidak bekerja sebagai dokter, mungkin Anda akan menemui masalah saat menulis artikel. Materi artikel Anda mencukupi untuk pemula, namun akan kurang untuk pembaca yang lebih expert.

Saya percaya bahwa jalur keahlian saya sendiri bukanlah yang terbaik karena pilihan topiknya cukup terbatas. Sebagai seorang copywriter, saya perlu mempelajari bidang lain.

Misalnya, saat menulis artikel tentang menyewa apartemen tanpa perantara. Saya bisa saja menulis artikel berdasarkan pengalaman pribadi, karena saya sendiri tahu cara menyiasati agen penjual. Namun, artikel seperti itu tidak banyak dibutuhkan dan Anda tidak dapat membangun karier di atasnya.

Hindari melakukan rewriting

Sampaikan informasi secara praktis dan jelaskan dalam bahasa yang sederhana. Ini agak mirip dengan penulisan ulang, tetapi hasil akhirnya sangat berbeda. Anda juga mencari informasi di internet, tetapi Anda mempelajari banyak sumber, mencernanya, lalu menuliskannya dengan contoh. Seringkali sumber bukanlah artikel orang lain, tetapi dokumen hukum, dokumentasi, atau beragam situs.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menjalankan dua hal:

– Mampu mempelajari topik kompleks dengan cepat. Hal ini dapat dicapai dengan kemampuan membaca cepat dan memahami poin penting dari bacaan tersebut. Ini adalah keterampilan yang bisa dilatih dengan membaca materi yang bervariasi dan menceritakannya kembali.

– Mampu menjelaskan dalam bahasa yang mudah dimengerti. Latihlah diri Anda dengan banyak menulis artikel narasi. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan ini dengan membaca buku mengenai teknik mengajar.

Mampu menemukan ahli dan melakukan wawancara. Internet penuh dengan pakar yang, demi publikasi di media, siap memberikan komentar. Anda perlu mencapai kesepakatan dengan seorang ahli, merumuskan pertanyaan dengan benar, dan mendapatkan jawaban yang menarik.

Hampir semua artikel kompleks, seperti kasus investigasi, berangkat dari proses wawancara. Misalnya, saat menulis artikel tentang makanan franchise, saya melakukan wawancara kepada pengusaha dan pemasar untuk menggali informasi berguna yang tidak tersedia untuk publik.

2. Belajar menulis secara normal

Untuk menjadi copywriter yang handal, Anda sebaiknya:

– Menulis secara singkat dan to the point

– Terstruktur dan lincah berpindah dari penjelasan sederhana ke kompleks

– Meletakkan aksen yang tepat untuk menarik pembaca

– Memahami siapa yang akan membaca artikel Anda dan bagaimana cara menulis untuk mereka

Saya mempelajari keterampilan ini dari banyak buku, artikel, dan kursus. Anda dapat melakukan apa yang saya lakukan, termasuk mengambil kursus berbayar dan mencari mentor. Selain itu, tanamkan pemahaman bahwa Anda menulis bukan untuk diri sendiri, dan bahkan bukan untuk pelanggan, tetapi untuk pembaca.

3. Bertanggung jawab

Untuk menghasilkan banyak uang dari copywriting, Anda perlu melihat copywriting sebagai pekerjaan. Maka dari itu:

– Sebaiknya Anda menulis pada hari kerja, sekaligus untuk berjaga-jaga jika tugas editing penting muncul tiba-tiba

– Jangan menghilang dari klien tanpa memberi kabar

– Kabari klien terlebih dahulu jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan tugas darinya

– Jangan mengambil proyek lebih dari yang Anda mampu lakukan

Berdasarkan penilaian seorang editor yang bekerja dengan saya, bahkan teks yang cacat bisa dimaafkan asalkan kita menunjukkan attitude profesional. Seseorang dapat diajari untuk menjadi copywriter, tetapi jika dia tidak memiliki sifat tanggung jawab, tidak ada yang bisa membantunya.

Penulis harus siap berkomitmen

4. Miliki beberapa artikel bagus dalam portofolio Anda

Banyak calon copywriter yang enggan untuk bersusah-susah menulis artikel dari nol. Sehingga akan tercipta lingkaran setan: penulis hanya memiliki portofolio artikel SEO rewrite. Setidaknya, ada dua cara untuk memutus rantai ini:

– Buatlah beberapa artikel rewrite yang sangat keren dengan cara mengambil informasi dari beragam situs. Artikel seperti ini pantas untuk dimasukkan ke dalam portofolio.

– Tulis artikel baru di blog pribadi atau media sosial. Topiknya bisa berupa analisis berdasarkan keahlian Anda. Lebih baik menghabiskan riset artikel beberapa hari sekarang daripada kesulitan di masa depan. Anda tidak perlu mengejar views untuk saat ini. Namun, paling tidak calon klien bisa membaca artikel dan memahami level penulisan Anda.

Secara pribadi, saya telah melakukan keduanya. Saya merasa baik setelah menulis artikel SEO sendiri. Singkat kata, seorang editor mendatangi saya dari sana dan kami masih bekerja sama hingga sekarang.

Portofolio Anda tidak harus mewah. Cukup taruh tiga artikel terbaik disana. Lagipula, calon pelanggan tidak akan punya waktu untuk membaca ratusan artikel.

5. Temukan editor yang kompeten

Karier saya mulai melesat saat mendapat pekerjaan di blog sebuah bank dan bekerja sama dengan editor. Saya sudah menulis dengan cukup baik, tetapi editor menarik saya lebih tinggi: dia menyarankan cara terbaik untuk menulis serta menunjukkan letak kesalahan saya. Selain itu, dia merekomendasikan tulisan saya ke orang lain dan mengundang saya ke proyek baru.

Anda dapat bekerja dengan editor dalam proyek tertentu, seperti sebuah blog perusahaan atau agensi.

Agar editor yang baik mau datang bekerjasama, copywriter harus menyerahkan artikel rewrite, siap berkomitmen dan memiliki beberapa artikel yang layak dalam portofolio.

Jangan ragu untuk minta bantuan editor

6. Copywriter harus responsif terhadap komentar editor

Editor akan selalu banyak mengedit. Bahkan, bisa saja Anda akan diminta untuk menulis ulang seluruh artikel. Terkadang menyakitkan, menyinggung dan tidak menyenangkan. Anda akan merasa sudah membuang-buang waktu dan tenaga. Namun, tidak ada yang bisa Anda lakukan.

Terima hasil edit artikel Anda dengan ikhlas, tanyakan secara mendetail apa yang salah, dan ambil koreksi ini untuk masa depan.

Jika setelah mengedit tulisan Anda sudah merasa lelah dan suntuk, hentikan. Tutup laptop, minum teh, dan pergi tidur. Hal ini wajar saja terjadi. Besok pagi setelah merasa segar, kembali duduk dan lanjutkan pekerjaan Anda.

Terkadang, editor dan klien terlihat sebagai sosok bertangan besi. Jika Anda kurang sopan, mereka bisa saja mengoreksi Anda dengan bahasa kasar atau mengubah artikel untuk keseratus kalinya. Hal ini tidak normal. Anda harus dapat membedakan antara omelan omong kosong dan koreksi yang bisa memperbaiki artikel Anda.

7. Belajar menulis dengan cepat

Jika Anda bisa menjadi copywriter yang baik, tetapi hanya mampu menerbitkan satu artikel dalam seminggu, itu jelas buruk. Berikut ini adalah tips untuk menulis dengan cepat:

– Kuasai teknik mengetik dengan sepuluh jari, atau temukan cara mengetik cepat lainnya.

– Jangan mencoba untuk membuat semuanya sempurna dalam percobaan pertama dan menghabiskan waktu puluhan jam untuk satu artikel. Cukup selesaikan dulu artikel Anda, lalu lakukan pengeditan hingga tuntas.

– Belajarlah untuk membaca dan mendapatkan informasi berguna dengan cepat, segera pahami apakah Anda sedang membaca sumber yang baik atau buruk. Hal ini bisa dilatih dengan pengalaman.

– Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mencari seorang proofreader. Waktu Anda terlalu mahal jika dihabiskan untuk mengoreksi kesalahan ketik.

Refresh laptop Anda. Jika progres terhambat karena urusan teknis seperti ini, lambat laun Anda akan mendapat masalah. Jika diperlukan, beli laptop dengan kapasitas RAM dan memori yang mencukupi.

Belajar menulis dengan cepat

8. Membuka perusahaan sendiri

Klien besar hanya bekerja di bawah kontrak formal. Kemungkinan besar mereka tidak akan mentransfer uang ke kartu Anda. Melalui kontrak, Anda leluasa menentukan poin-poin perjanjian, seperti besaran uang muka dan sebagainya.

Apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Pertahankan arah kerja Anda. Menulislah secara normal, siap bertanggung jawab, serta bekerja lebih baik dan lebih cepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan bertanya di komentar. Saya akan mencoba menjawab sebaik mungkin.